Jumat, 24 Juni 2011

CERITA SEHARI

Kamis, 23 Juni 2011.

Hari itu adalah agenda saya ngider kota Malang. Saya sudah membayangkan akan pulang malam (lagi).
Diantara agenda saya hari itu adalah menjenguk Teh Aan Yuhaniz, salah satu kakak kelas saya di Sastra Inggris UIN Malang, dan menemui Ustadz Erryk di kampus.

Pagi-pagi saya berangkat dengan kendaraan andalan, Angkot.
Butuh waktu hampir sejam untuk sampai ke kampus UIN dari Arjosari.
Beruntung Bapak sopir adalah seorang lelaki -mungkin usianya saya perkirakan masih 30an- yang baik hati dan halus tutur katanya. Bagaimana tidak, saat saya naik dia sudah menyambut dengan sapaan super lembut, "silahkan, Mbak." Begitu pula saat saya turun, tak lupa dengan nada yang enak didengar dia bilang, "hati-hati ya, Mbak!" dengan sumringah di wajahnya.

Ah, andai saja semua sopir seramah dan selembut dia.
Saya serahkan uang dan tak lupa bilang, "terima kasih, Bapak!"
Lalu sebelum dia pergi, "eh, Bapak..semoga hari ini berkah untuk Bapak. Makasi."
Dan saya langsung balik badan tanpa menunggunya mengucap sepatah kata pun.
Entahlah, mungkin saya agak berlebihan atau apa, tapi sepertinya saya telah "jatuh cinta" dengan keramahan Bapak sopir itu. Mungkin. Karena keramahannya, saya jadi semangat memulai aktivitas. Saya optimis hari ini akan penuh berkah, seperti doa saya pada Bapak sopir baik hati.

Agenda pertama saya sebenarnya ingin menemui Ustadz Erryk, tapi rupanya beliau masih sibuk hingga kami memutuskan untuk bertemu sore harinya. Akhirnya agenda kedua siap dijalankan: menjenguk Teh Aan.

Sebelumnya saya ingin menyiapkan sesuatu untuknya.
Teringat si Teteh pernah bilang si SMS, "Sya, teteh pengen dong baca tulisan-tulisan Osya!"
Sayangnya saya gak bawa buku kumpulan tulisan itu.
Apa boleh buat, berbekal data di flash disk yang saya bawa saat itu saya ada ide buat cetak sendiri beberapa tulisan saya yang layak "dikonsumsi" dalam bentuk buku mini.
Untunglah ada rental komputer yang siap melayani. Habis gelap terbitlah petromax.
Agak GR juga sih, ternyata tulisan penulis amatir juga masih ada yang mau baca. Hehe.

Jam 10 saya dan dua orang kakak kelas, yang sebelumnya sudah bikin janji, capcus ke Gondanglegi dengan bermotor ria. Setelah nyasar ke sana ke sini, dan tanya ke sana kemari, akhirnya sampai juga di tempat tujuan.

Kita bertiga disambut seorang lelaki, yang ternyata adalah suami si teteh.

Saya lihat Teteh tergolek lemah di tempat tidurnya.
"Eh, osya akhirnya datang juga! Ayo masuk, de." katanya dengan senyum penuh di wajahnya.
Mata saya udah berkaca-kaca pengen nangis, tapi sekuat tenaga nahan.

Teteh yang cantik, anggun, halus tuturnya khas orang Sunda, seorang wanita penghapal Al Quran, Musyrifah pertama yang saya kenal sewaktu masih di asrama UIN, yang dulu sering ketok pintu kamar saya untuk sholat jamaah di masjid. Dan sekarang dia hanya bisa beraktifitas di tempat tidurnya, dengan tubuh kurus karena TBC tulang hingga membuat sebagian tubuhnya lumpuh dari punggung hingga kaki.

Dia cerita sudah hampir dikira meninggal karena lama gak sadarkan diri di RS.
Sekarang perkembangannya sudah lumayan. Kaki kanannya sudah bisa di gerakkan dengan leluasa, meski masih harus menjalani terapi secara berkala. Tapi meki sakit separah itu, saya tak membaca keluh di matanya.
Sepanjang siang itu hanya ada keceriaan dan canda tawa. Saya yang sejak liat dia udah pengen nangis malah urung.

Dan suaminya, Mas Afif, subhanallah begitu menarik hati saya.
Seorang suami yang biasanya minta dilayani sang istri, tapi dia menunjukkan kesetiaan dan baktinya untuk merawat istrinya yang sakit dengan penuh ketelatenan dan keikhlasan tanpa sedikitpun keluh, sebab yang ada hanya cinta tulus di matanya. Saat si Teteh ingin pindah posisi miring, sang suami, di depan mata saya sendiri, menggendong dan memindahkan posisi istrinya. Adegan yang selama ini hanya bisa sya lihat di sinetron-sinetron, saat itu nyata ada di hadapan saya. Tanpa sepengetahuan Teteh, saya meneteskan airmata.

Agaknya Mas Afif memang type orang yang full-senyum dan doyan guyon.
Saya yang baru hari itu kenal, berasa udah kenal lama.
Dia cerita ngalor ngidul gak ada khatamnya sampe kita bertiga dibuat lupa untuk pulang.
Saya ingat masih ada janji bertemu Ustadz Erryk di kampus jam 3.
Setelah menyantap rujak yang super pedes dan es degan, kita bertiga pamit pulang.
Ya, kita memang tamu gak bener. Abis makan langsung pulang.
Mustinya mah totalan dulu trus cuci sendiri piring dan gelasnya. Hehe.

Saya cium kedua pipi dan kening Teteh, terbersit dalam hati, "Ya Allah Ya Rabb, bebaskanlah Teteh dari rasa sakitnya. Sembuhkanlah dia. Gantilah dengan pahala atas keikhlasannya, dan berkahilah rumah tangganya." Siang itu kita bertiga pamit dengan menyimpan harapan untuk kesembuhan teman dan sodara kami, Teh Aan Yuhaniz.

Satu agenda saya hari itu terpenuhi. Dan satu agenda lagi siap menyambut, bertemu Ustadz Erryk.
Untuk mengejar waktu, saya minta motor dikebut. Inilah nasib orang yang gak bisa naek motor, bisanya cuma minta. Ternyata Gondanglegi-UIN itu lumayan jauh. Punggung saya encok mendadak. Cape kelamaan pergi-pulang duduk miring di motor. Maklum saya pake rok. Manggul ransel berat pula.

Sampe kampus saya udah pesimis gak bisa ketemu Ustadz Erryk.
Saya tau beliau kalau sore sibuk ngajar di PKPBA. Setelah saling tunggu, akhirnya kita bisa ketemu dan sempat ngobrol meski cuma sebentar. Padahal saat itu beliau sudah dalam perjalanan mau pulang ke kontrakan. Saya jadi malu merepotkan beliau saat itu. Huhu.

Semua agenda saya hari itu terpenuhi. Hati senang, pikiran tenang, jalan serasa melayang *lho?*

Abis Maghrib, saya naek angkot (lagi) untuk pulang.
Gak ada penumpang cowo bikin saya gak perlu jaim.
Duduk sambil kaki selonjoran ke depan di bawah jok tempat duduk.
Hanya ada 2 Ibu-ibu dan Mbak-mbak mahasisiwi dengan barang bawaan menggunung.
Dia lagi mau ke semarang katanya dan bilang ke pak sopir, "Pak, bisa tancap gas gak? Saya lagi keburu ngejar bus jam 7!" Sopir pun tancap gas sesuai perintah. Saya udah ketar-ketir. Takut nyungsep.

Dua Ibu-ibu sudah turun, tinggal saya berdua dengan si Mbak yang barang bawaanya banyak tadi.
Saya berkali-kali melongok keluar, kok jalan arah ke Polowijen gak nongol-nongol ya?
Ini jalannya yang berubah atau mata saya yang emang makin silindris?
Tau-tau angkot udah nyampe di depan peron Arjosari aja loooooohhh!!
Lha? Polowijen udah kelewat 1 Km dong kalo gitu??
Saya protes, "Pak, kok tadi gak lewat Polowijen?"
Si sopir sambil mukanya gak beralih dari ngitung duit di tangan, dengan galak bilang, "udah lewat dari tadi kaleee, Mbak!"

Ya Allah, galaknyooooo!! Gak usah pake nyolot napah, Pak??
Saya turun angkot kaya orang linglung. Masa iya sih tadi saya meleng liatnya?
Tapi perasaan saya yakin angkot gak lewat Polowijen.
Ada curiga di hati, jangan-jangan si sopir motong jalan biar cepet nyampe terminal Arjosari karena si Mbak yang lagi ngejar bus tadi. Sambil jalan keluar terminal saya mikir, ini enaknya minta jemput atau naek angkot lagi ya? Bisa aja sih jalan kaki 1 Km, tapi abis itu kaki saya pasti bakal keriting sampe rumah. Akhirnya saya putuskan untuk minta jemput.

Sampe rumah kakak dengan selamat sentosa sejahtera.
Sebelum merem, saya inget-inget lagi kejadian yang saya alami seharian itu.
Saya seneng bisa memenuhi janji dengan Ustadz Erryk.
Saya juga bersyukur bisa bertemu Teh Aan.
Pertemuan yang membuat saya merenung, betapa hidup itu penuh perjuangan bagi tipa-tiap hamba.
Dan betapa kita, yang masih diberi nikmat sehat, kadang masih sering lupa untuk mensyukurinya.
Dari Teh Aan, saya malu ama diri sendiri. Kalau Teteh yang sakit aja bisa setabah itu, kenapa saya yang cuma punya masalah seuprit harus banyak ngeluh.

Tuhan itu emang Maha Adil, saya yakin Dia kasi cobaan sakit itu ke Teteh karena Dia Maha Tahu kualitas iman hambaNya. Dia Tahu teteh pasti bisa melewatinya dengan sabar dan ikhlas. Cobaan yang belum tentu akan mampu dilewati dengan sukses oleh manusia seperti osya. Saya cukup senang bisa bikin dia tersenyum saat dia terima buku catatan dari saya.

Tiba-tiba saja saya teringat sesuatu, "bentar deh..saya tadi pulang udah bayar angkot belum yah?"
Saya check kantong ransel depan. Eh, bener lho uang yang saya siapin buat bayar angkot masih ada!
Dari suasana yang masih kebawa mellow karena keinget Teteh, saya langsung heboh sendiri di kamar.
Hadoooh, dosa gak yah gak bayar angkot?? Tapi beneran lupa!!

Tadi berangkat disponsori oleh Bapak sopir baik hati nan lemah lembut, eh pulangnya dihantui sama Bapak sopir galak nan nyolot. Saya mencoba menghibur hati. Mungkin Allah sengaja bikin saya lupa bayar dan si sopir pun dibikin lupa untuk nagih, karena Dia gak rela saya digalakin ama si sopir itu. Uang yang sejatinya menjadi rezeki Pak sopir yang galak itu, pada akhirnya tetap jadi rezeki saya. Atau mungkin Allah kasian karena saya gak dianterin ke tempat tujuan (malah kelewat dari tempat tujuan)? Wallahu A'lam.

Semoga tidak terhitung dosa karena emang saya lupa.
Tapi saya masih berharap bisa dipertemukan lagi dengan Bapak sopir itu dan menyerahkan uang angkot. Entah kapan. Meski saya sendiri tidak begitu yakin apa masih dengan wajahnya.


P.S.
Bagi teman-teman baik yang merasa kenal maupun tidak, saya minta doanya untuk kesembuhan teman sekaligus sodara saya, Teh Aan Yuhaniz. Doa dari antum sekalian Insya Allah terkabul. Amin. Terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar

Thanks for the comments, pals.
Follow me and Keep always in touch.